Beranda » Pemasaran » Kiat Sukses Memasarkan Toko Buah

Kiat Sukses Memasarkan Toko Buah

Sdr. Dwi Nugraha, terimakasih atas komentarnya. Salut kepada sdr. penjual buah di pinggir jalan tetapi melek TI dan mau belajar. Karena di era informasi ini siapapun yang ingin mampu bersaing harus gemar belajar.

Sehubungan permintaan sdr tentang kiat sukses berdagang buah, bersama ini saya sampaikan beberapa hal :

 

PRINSIP

  1. Tanamkan sikap optimis, berfikir positif, pantang menyerah, & segera memulai.

  2. Berdagang buah perlu perputaran penjualan yang tinggi. Buah memilik sifat yang mudah berubah, seperti rasa, warna, bau, kekenyalannya dan sebagainya. Intinya buah mudah busuk. Oleh karenanya jangan pernah menjual buah yang busuk. Pelanggan kecewa dan memilih toko lain.

 

TEKNIS

  1. Memilih segmen pasar sebagai pasar sasaran (pembeli potensial),

  2. Memilih lokasi toko buah

  3. Menyusun daftar pembeli potensial

  4. Menyusun daftar pemasok buah

  5. Menata toko buah secara apik, indah, dan efisien ruang

  6. Merekruit dan melatih pelayan toko

  7. Menyusun daftar dan kelas kualitas barang dagang

  8. Menyusun daftar harga jual berdasarkan kualitas

  9. Menyusun program promosi (selebaran, merek toko, voucher diskon, dsb)

  10. Membangun jaringan dengan pedagang terkait, seperti : Jus buah

 

STRATEGI (pilih salah satu)

  1. Strategi Paling Beda. Dengan selalu tampil beda, perlahan tapi pasti penjual mampu mencuri perhatian dan “dompet” pembeli. Syarat Berhasil: Harus selalu kreatif dan inovatif serta daya juang yang tinggi/tangguh/ulet.

  2. Strategi Paling Murah. Dengan selalu menjual buah paling murah (harga grosir!), pembeli akan berbondong-bondong datang dan siap menjadi pembeli. Syarat berhasil: Harus selalu mampu menekan biaya operasional serendah mungkit, artinya Pebisnis harus mampu memaksimalkan penggunaan sumberdaya yang ada atau toko buah berjalan pada skala ekonomis (Eksploitasi sumberdaya secara optimal)

Mudah-mudahan bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

33 Komentar

  1. Fuad Muftie mengatakan:

    Pak Iwan Darmawan, salam kenal ya Pak, & sukses selalu.

    Buat Pak Dwi Nugraha, wah Bapak yg satu ini banyak menggali ilmu dimana-mana, kayaknya sebentar lagi bakal melejit bisnis buahnya ya (semoga)

    Sudah dpt tips2 yg lengkap, tinggal praktekkan Pak. Karena tips hanyalah ‘energi potensial’ dan akan menjadi energi yg luar biasa kalau dipraktekkan.

    Sukses
    Fuad Muftie

    • ria mengatakan:

      salam kenal pak,saya ria menyediakan buah import jeruk shantang asli dari negeri cina jika berminat silakan hub saya di 081376939376.terimakasih

    • pahotan mengatakan:

      pak iwan yg baik…. saya pedagang buah yg sudah tumpur. saya trauma untuk memulai lagi, kasih saran donk pa iwan………….. thx

  2. Iwan Darmawansyah mengatakan:

    Pak Fuad Muftie, Terimakasih sudah mampir semoga berhasil

  3. irman mengatakan:

    pak Iwan, salam kenal dari saya.
    wah…benar juga pak, yang namanya sikap optimis dalam bisnis itu sangat penting dimiliki. apalagi jika bisnis yang dijalani itu memiliki persaingan yang super ketat dengan sejumlah tantangan yang sudah siap merongrong kita…..
    coba kalau sikap optimis itu tidak dimiliki, bagaimana jadinya usaha kita, betul khan pak???
    oh ya pak, boleh minta bantuan nggak pak, bagaimana sih cara perancangan suatu bisnis yang baik itu??? saya tertarik untuk bisnis ternak itik petelur di kampung halaman, kata pengajar saya, harus dipertimbangkan aspek manajemen produksi, manajemen keuangan, pemasaran dan manajemen SDM-nya, maksudnya bagaimana sih pak…..
    terimakasih sebelumnya.

    salam sukses slalu
    irman

  4. Pak Iwan yang baik, saya saat ini saya menjadi supplier sayur & buah ke beberapa hotel di jakarta selatan. prospeknya cukup bagus, maka akhirnya saya berpikir untuk mengembangkan usaha saya ke bidang yang lain. akhirnya saya memilih usaha penggilingan bakso, namun usaha tersebut sudah berjalan hampir 1 tahun tapi kok ga ada hasilnya, maka saya putuskan untuk menjual saja usaha tersebut. Mungkin kalo yang mengelola kami sendiri saya yakin usaha tersebut bisa berhasil, namun karena keterbatasan tenaga akhirnya saya pilih orang untuk mengelolanya, namun sayang orang yang saya percaya mengelola tersebut akhirnya mengkhianati saya. saat ini dalam bayangan saya ingin membuka toko buah dan sayur di daerah jakarta selatan karena didaerah saya belum ada toko buah selain itu daerah saya adalah banyak restaurant & cafe selain itu ada beberapa hotel berkelas. Bagaimana menurut bapak ? lokasi yang saya maksud adalah daerah Kemang jakarta selatan

    • ria mengatakan:

      Salam kenal pak, saya ria menyediakan jeruk shantang import asli dari china.apabila bapak berminat bisa menghubungi saya di no 081376939376.thanks

  5. rea mengatakan:

    slmt pagi pak iwan, terima kasih banyak atas tips-tips yang bpk berikan agar menjadi pedagang buah yang sukses….!
    saya mohon bantuannya pak, sudah lama sekali saya pingin berwirausaha khusus nya memebuka usaha kios buah-buahan. yang saya mau tanya pak,
    1. Kira-kira berapa modal awal yang cukup lumayan untuk memebeli barang dagangan bagi pemula seperti saya ?
    2. jenis buah apa saja yang berpeluang bagus untuk dijual, dan tidak mudah layu ?
    3. bagaimana cara menyimpan stok buah yang akan dijual agar tetap segar dalam beberapa hari.?

    teima kasih atas perhatian yang bapak berikan dan mohon bantuannya.

  6. Muhammad Rahmat mengatakan:

    Salam Kenal Pak. Saya Rahmat asal Medan. Saya Ingin berwirausaha membuka toko buah segar. Namun saya belum mengetahui tentang modal, teknik pemasaran, jenis buah populer yang turn overnya baik. Rencananya toko buah yang mau saya buka di dalam ruangan dengan pendingin. Tolong Bantuannya dan terimakasaih atas bantuannya.

  7. adi mengatakan:

    Assalamualaikum…pak Irwan
    sebenarnya yang mau saya tanyakan sama dg apayg ditanyakan “Rea”
    saya berencana untuk membuka usaha toko buah,lokasi di jogja dekat kampus ugm,luas bangunan kira2 L.4P.5m…sewa 5jt/th.
    1.apa saja yang harus saya persiapkan sebelum saya memulainya, mengingat saya belum punya pengalaman dibidang bisnis ini?
    2.bagaimana rancangan analisis usahanya?
    3.bagaimana tips pemasarannya?
    mohon bantuannya ya pak…
    Thank’s a lot…

  8. Ayung mengatakan:

    Saya menawarkan buah stroberi saya untuk kebutuhan konsumsi, bahan olahan, serta untuk jual kembali. Hasil panen mencapai 250kg – 1ton/hari, bisa supply secara kontinyu.

    Super : Rp. 27.500
    Kelas A : Rp. 22.000
    Kelas B : Rp. 20.000
    Kelas C : Rp. 19.000
    Kelas D : Rp. 16.000
    Kelas E : Rp. 13.000
    Froze : Rp. 10.000, stok 2,5 ton/minggu

    Ayung
    081 320 797422
    022 761 222 04

  9. twina ikayanti mengatakan:

    Assalamu’alaikum pak Irwan, untuk awal th 2009 ini saya juga ada rencana untuk buka toko buah didaerah UNS yang ingin saya tanyakan sama dengan yg ditanyakan REA dan ada lagi :
    1. saya belum menemukan suplayer buah dikawasan solo, krn setiap tanya kepada para pedagang mereka nggak mau berbagi ilmunya mungkin aja takut tersaingi.
    2. untuk desain etalasenya sebaiknya bagaimana?

    trimakasih atas masukannya…………

  10. mbah cip mengatakan:

    saya mau menerapkan untuk warung kelontong saya, bisa gak ya

  11. operator mengatakan:

    Silahkan mampir ke tokobuah.com
    Buah buahanya segar-segar dan berkualitas tinggi !

    Pokoknya dijamin gak bakalan nyesel dech…

    order lewat online, dijamin buah masih seger seger !
    karena uda terpercaya oleh customer lainnya..

    Untuk informasi lainnya bisa online
    Tokobuah.com

    Salam buah-buahan segarr!!

  12. operator mengatakan:

    FRESH FRUITS !

    Tokobuah.com

  13. operator mengatakan:

    Silahkan mampir ke http://www.tokobuah.com

    Buah buahanya segar-segar dan berkualitas tinggi !

    Pokoknya dijamin gak bakalan nyesel dech…

    order lewat online, dijamin buah masih seger seger !
    karena uda terpercaya oleh customer lainnya..

    Untuk informasi lainnya bisa online
    Tokobuah.com

    Salam buah-buahan segarr!!

  14. beraksi mengatakan:

    Jika kita mengelolah toko buah dengan baik maka akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Masalahnya adalah masa masa sulit yaitu awal pembukaan toko sampai 3 bulan kedepannya biasanya masih sepi karena memang belum ada pelanggan tetap sedangkan buah tidak bisa disimpan lama. Jika kita bisa melewati masa masa ini dengan sabar maka anda tidak akan menyesal terjun ke usaha ini.

  15. Lians mengatakan:

    Terima kasih atas Tips2 yg diberikan sangat bermanfaat bagi saya,
    Saya mau tanya gimana caranya:
    1- mengelola usaha Juice biar cepat maju dan diminati para
    Masyarakat.
    2- Apa saja saya lakukan untuk menarik perhatian orang biar minum
    Juice.
    3- Klo saya mau lakukan juice combination apa2 saja buah yg enak
    utk dicombination.

    Karena saya melihat ada teman menjual sop buah peminatnya sangat banyak,klo dilihat dari manfaat / penyerapan didalam tubuh jauh lebih bagus juice karena sudah dihaluskan.

    Tolong dibantu saya gimana caranya untuk mengelola juice biar diminati masyarakat.
    apa apa saja yg harus saya lakukan.
    klo ada teman2 yg bisa bantu tolong di balas ke email samuel.pangeran@ymail.com

    Terimakasih

    Goodluck

  16. meyonk_aja mengatakan:

    Terimaksih banyak infonya :)

    saya sedang memulai usaha kecil dengan menjual buah potong untuk dikantor,untungnya tidak seberapa dan rugi kalo buah tidak habis :( karena buat besoknya sudah gag segar lagi,jadi terpaksa dihabiskan seniri.

    Saya juga sedang terima pesanan Salad Buah segar dan nikmat harga ekonomis :)

    Jika rekan ada berminat silakan kirim email ke smart_mei_24@yahoo.com ato sms 08161111223 (dijamin Halal dan bersih) :)

  17. Merba mengatakan:

    Ikut Gabung donk,…..

    Aku punya segudang keinginan dibidang usaha……terutama di buah… Sedikit cerita….Aku punya pengalaman tentang buah karna pernah kerja dan dididik disana. Jadi minimal untuk mengetahui Jenis buah yang laku dan yg digemari masyarakat agak sedikit bisa pahami n musim antara buah luar dan lokal juga agak tahu…. Lokasi yg diinginkan juga sudah ada bayangan…..tapi mencari modal usaha itu yg susah…bisa dibantu gak?

  18. syauqi mengatakan:

    tlg saran bagaimana memulai usaha jualan buah segar dpinggir jalan? (kaki lima)

  19. aulia tm mengatakan:

    salam kenal pak? SAYA INIINGIN MERINTIS BBISNIS BUAH SAYA INGIN DAPAT MEMBERIKAN TIP – TIP YANG BISA SAYA LAKUKAN? TERIMA KASIH

  20. RAHMAT mengatakan:

    salam kenal..
    sy suplayer pepaya california/bangkok
    hub sy di:
    085723882388

  21. Bambang Sleman Yk mengatakan:

    Saya petani melon khususnya Rock Melon, sejak tahun 2000, pahit getirnya sebagai petani sudah kenyang mana uang nggak dibayar ma pengepul buah, uang pembayaran kurang bangkrut – krut mpe modal tdk punya sama sekali dan masih banyak lagi,akan tetapi karena sudah cinta dengan dunia pertanian, saya tetep tekuni sehingga untuk modal banyak investor mo modalin, lah ini kalo diterapkan kedunia perdagangan tentunya sama, harus tahan banting dengan dengan pasang surutnya usaha yakinlah bahwa suatu usaha bila ditekuni akan mencapai titik atas atau berhasil. Sehingga saya sendiri sekarang mulai melayani permintaan dari toko2 buah buah dan distributor buah2han. anda butuh buah Rock melon berkualitas tinggi ditanam diperkebunan dilereng gunung merapi yang tentunya kaya akan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman, sehingga menghasilkan buah yang berkualitas dan dengan rasa yang manis dan daya simpan tinggi, pesanan bisa partai besar kecil. Mo kerjasama hub. Bambang Suwandi, Jamblangan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. 55561 Telp. 081804304312

  22. Tomi Imot mengatakan:

    saya ingin buka toko buah. tp dengan modal sedikit pa bisa seperti bapak iwan?
    mungkin ada yg mau ngasi solusi dri sodara2?

  23. robby mengatakan:

    agan2 sekalian saya menyediakan buah2an yang biasa dibutuhkan konsumen:
    1. strawberry biasa
    2. strawberry organic
    3. nanas baby sweet
    4. belimbing dewi
    5. melon sky rocket
    6. pepaya bangkok
    7. pepaya california
    8. semangka non biji
    9. alpukat super

    kualitas terjamin..!!!
    apabila berminat anda bisa menghubungi 087875848044 / 021-95278041
    email: rnp_robby@yahoo.com

  24. ria mengatakan:

    Saya supplier buah import .saat ini saya sedang mencari peminat yg mau beli buah jeruk shantang asli dari china.Jeruk kecil ada batang dan daun.warna orange cerah dan rasanya manis.karena buah asli import dan kesegaran yang harus selalu terjaga maka bagi yang berminat bisa segera menghubungi saya di 081376939376

    thanks

  25. Didit WN mengatakan:

    saya sedia buah jeruk import per kg rp.90,000 min order 10 kg hub : didit WN 02196858120- 081574488970

  26. Nelsoni Laia mengatakan:

    Salam kenal…..
    Pak bagi tips & trik ntuk mengawetkan buah donk, saya baru memulai usaha toko buah tapi buah lebih byk yang terbuang krn busuk. Tq

  27. manusia_biasa mengatakan:

    Lagi nyoba jadi pengepul buah di daerah jawabarat..ªϑα yg pengalaman bantu infonya dong

  28. Ninin yunita mengatakan:

    Saya mempunyai kios buah baru berukuran 5×5 m,di perempatan desa,tp masih bingung dlm menata buah dg apik,.tlng di kasih tips, thank..

  29. nurgiyanti mengatakan:

    terima kasih banyak buat tips tips nya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tunas Nusantara Jaya

indonesia_flag.gif

Berkibarlah Selalu

Blog Stats

  • 350,416 hits

Yang Sedang Belajar

website counter

Beasiswa Wirausaha, Mau?

Yang Cepet - Dapet!!! Klik Aja

beasiswa1.png

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: