Beranda » Buku : Kiat Penjualan sukses » Bab 2 : Kiat 1. Saya Seorang Penjual

Bab 2 : Kiat 1. Saya Seorang Penjual

 

Setiap kita, apapun, siapapun, sejatinya terkait penjualan. Tidak hanya penjual baso, penjual mobil, penjual asuransi, tetapi juga bawahan kepada atasan, seorang anak kepada orang tua.

Kita adalah Penjual

Proses penjualan tidak lepas dengan proses pertukaran, semangkok baso ditukar dengan sejumlah uang oleh pembeli, sebuah mobil ditukar dengan sebidang tanah, premi asuransi ditukar dengan rasa aman dan sayang kepada keluarga, atau juga ide kreatif bawahan ditukar dengan kenaikan pangkat, prestasi sekolah anak ditukar dengan hadiah sebuah sepeda.

Dari ilustrasi diatas, maka dapat dikatakan bahwa semua orang terlibat dalam proses pertukaran bahkan penjualan. Oleh karenanya buku ini bisa dijadikan pegangan oleh siapapun yang ingin sukses, terlebih bagi seorang yang berprofesi penjual.

Jangan Takut Gagal

Seringkali kegagalan diawali dari rasa pesimisme. Kegagalan bukan dijadikan anak tangga untuk menuju kesuksesan, tetapi justru sebaliknya kegagalan dijadikan momok bagi pelakunya, Pengalaman Thomas A. Edison mungkin dapat dijadikan rujukan bagi penjual, penemu listrik ini harus mengalami 999 kegagalan terlebih dahulu sebelum dapat menemukan listrik yang sekarang digunakan hampir di seluruh penghuni Planet ini. Tepat kiranya berbagai ungkapan:

  1. Kesuksesan merupakan suatu proses 1 % dari ide dan 90 % dari keringat

  2. Berusahalah sungguh-sungguh menurut kemampuan yang ada. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,.

  3. Semakin tinggi resiko yang diambil, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan keuntungan

  4. Kegagalan adalah kesuksesan tertunda

  5. Kegagalan adalah peristiwa Indah bagi Anda yang ingin sukses

  6. Apabila kau merasa sedih karena gagal mendapatkan apa yang kau inginkan, duduklah dengan mantap dan berbahagialah, karena Tuhan sedang memikirkan sesuatu yang lebih baik untukmu

  7. Sejatinya keberhasilan adalah harapan sedangkan kegagalan adalah keniscayaan

  8. Semakin banyak gagal berarti semakin dekat untuk meraih keberhasilan

  9. Menurut papatah Cina : Bila kita tidak mengubah-ubah tujuan kita, kemungkinan besar kita akan sampai ke tujuan kita

Seorang penjual sukses bisa belajar dari fenomena tersebut diatas. Sikap Thomas A. Edison patut ditiru dan ditanamkan kepada semua orang yang ingin menjadi Penjual sukses. Karena tekadnya, seorang Edison dapat menciptakan sesuatu yang besar. Karena tekadnya seorang penjual dapat menciptakan pelanggan…pelanggan…dan pelanggan.

Berilah makan keyakinanmu

Bagaimana mungkin Si Jono penjual Mie Ayam dapat menjual puluhan bahkan ratusan sehari, jika Ia tidak menjual….menjual… dan menjual. Kalau Ia sediri tidak yakin Ia mampu menjual baksonya. Bagaimana Calon Pembeli akan membeli?

Penjual mesti berangkat dari keyakinan bukan keraguan. Keraguan ditekan dan keyakinan harus ditumbuhkan. Keraguan adalah penyakit kronis bagi orang yang ingin sukses. Penyakit kronis “keraguan” adalah penyakit mental. Tidak sedikit penganggur berasal dari kalangan terdidik. Kata bijak bisa dijadikan dorongan :

Berilah makan keyakinanmu niscaya keraguanmu akan mati kelaparan!

 

Apalagi bagi seorang Penjual, kegagalan abadi adalah pantang, sedangkan keyakinan merupakan keharusan. Jika memulai pekerjaan menjual tidak dengan sikap percaya diri, berarti Anda sudah menghanyutkan sebuah momentum “SUKSES” ke laut bebas.

Ibaratnya Anda hanya seorang yang beraktivitas menjual barang atau jasa, bukan seorang penjual.

Seorang penjual adalah seseorang yang sekedar melepaskan kewajiban aktivitas pekerjaannya, sedangkan Penjual Profesional adalah seorang yang tidak sekedar melepaskan aktivitas pekerjaannya tetapi mampu memberikan kepuasan pelanggan.

Dalam melakukan Aktivitas penjualan, seorang penjual harus memiliki sikap percaya diri. Sehingga pertanyaan selanjutnya adalah :

Bagaimana Menumbuhkan Sikap Bahwa “Sayalah Orangnya Yang Mampu Menjual”!

Sembilan Tip menjawab kiat ke 1

Tip Ke 1 : Saya adalah penjual Berbakat

BAKAT adalah anugerah Allah Tuhan Yang Maha Kuasa yang diberikan kepada setiap manusia dengan corak yang berbeda. Disadari atau tidak setiap manusia diberikan kelebihan sekaligus kelemahan. Tinggal bagaimana Anda mampu membangkitkan potensi tersebut.

Seorang yang disebut penjual berbakat seorang yang memiliki kemampuan menjual tanpa memerlukan upaya pembelajaran yang terlalu lama dan mendalam.

Ingat fenomena pertukaran—penjualan. Fitrah manusia adalah lahir atas nama kehidupan. Agar senantiasa hidup kita semua dibekali kemampuan melakukan pertukaran. Tanpa kita sadari, kita semua berbakat menjadi penjual sukses.

 

Tip Ke 2 : Saya adalah penjual Cerdas

CERDAS adalah kemampuan berfikir yang bisa diwujudkan melalui proses pembelajaran baik pendidikan formal (academic smart) maupun informal (street smart) Purdi Chandra red.

Seorang penjual yang sukses harus cerdas menjual produknya, dimana proses penjualan dimulai dengan cerdas memilih calon pembeli, cerdas minta izin bertemu, cerdas memilih tema, waktu dan tempat pertemuan, cerdas mempresentasikan tentang produk, cerdas menyampaikan harapan, cerdas untuk memastikan terwujudnya transaksi dengan pembeli dan tidak lupa terakhir cerdas untuk memastikan purna jual berjalan sebagaimana mestinya.

Siapa yang tak kenal Aa Gym, kyai cerdas, entrepreneur cerdas, penjual cerdas & Tokoh Cerdas. Ketemu air jadilah MQ, melihat kemajuan dunia hiburan jadilah MQ television. Berbagai bidang Ia geluti mulai dakwah, celebrities, entrepreneur, marketer, presenter dan sebagainya.

Helmi Yahya si Kuis Siapa Berani, seorang dosen yang lengser ke dunia hiburan. Naskah Kuis Siapa berani sebelum menjadi fenomenal sempat beredar menjadi usulan ke berbagai stasiun televisi. Awalnya sulit untuk dijual, dengan modal kecerdasan-nya, Helmi mampu meyakinkan Indosiar tentang prospek usulannya. Sekarang kita semua kesulitan untuk menyebut program-program acara kuis dan reality show bukan miliknya Helmi Yahya.

 

Tip Ke 3 : Saya adalah penjual Ceria

CERIA adalah suatu ungkapan perasaan seseorang yang sedang mengalami suasana kebahagiaan. Perasaan selalu bahagia adalah keinginan semua orang, tetapi anehnya sedikit pekerja bahkan penjual yang bekerja dengan keceriaan. Syaraf yang mengendur dan sikap serius tapi santai “sersan” ternyata mendorong seorang penjual untuk jernih berfikir, tawakal atas cobaan, dan antisipatif terhadap pertanyaan tajam seorang pelanggan.

Menjual dalam suasana keceriaan dapat menghemat energi, waktu dan tenaga sehingga produktivitas penjualan meningkat.

Dan yang tidak kalah penting kecerian adalah simbol kesehatan dan umur panjang.

 

Tip Ke 4 : Saya adalah penjual Cekatan

CEKATAN adalah suatu sifat yang selalu tanggap dan tangkas untuk bereaksi atas berbagai permasalahan.

Penjual harus tanggap dan reaktif terhadap permintaan, kebutuhan, keinginan, dan keluhan pelanggan. Penjual yang cekatan diperlukan untuk memastikan terciptanya kepuasan pelanggan dan dapat mengatisipasi pesaing industri. Hal penting dari seorang penjual adalah cekatan untuk menjual.

Sebagai contoh : Zainal Abidin seorang motivator, penulis aneka buku, pimpinan Institut Kemandirian, & Ikon Eramuslim.

Ketika penulis sedang berkunjung di kantornya dibilangan Jakarta Selatan Ia sedang memberikan trainning bagi calon pengusaha. Katanya pendek mereka semua dibebaskan dari biaya pelatihan, bahkan mereka tidak sekedar dilatih menjadi wirausaha atau pekerja, tetapi akan dikawal sampai dengan bisnisnya berjalan bagi yang ingin menjadi pengusaha atau sampai pekerja mendapat gaji.

Percakapan kami sempat terputus, karena terganggu dengan telpon masuk dari calon murid, terdengar dari seberang sana menanyakan alamat kantor dan bagaimana dengan pembiayaannya.

Kemudian seorang alumni bergabung dengan kami, dan terlihat kebahagiaan mereka berdua karena ternyata bisnis alumni tersebut berkembang dan sebagai rasa syukurnya ia memberikan sumbangan kepada almamaternya.

Ketika penulis menanyakan tentang bisnisnya, dengan dengan lugas beliau mengatakan workshop mainan dan peternakan Sapinya telah dipindahkan ke Tangerang.

Ia cekatan mengatur dan menjual produk melalui bisnisnya, menjual ilmu melalui Institut Kemandirian, menjual kiat bisnisnya melalui situs ERAMUSLIM.

 

Tip Ke 5 : Saya adalah penjual Cermat

CERMAT adalah suatu sifat yang selalu bertindak dengan terukur. Penjual yang cermat adalah penjual yang bekerja secara efektif, efisien dan produktif. Kecermatan seorang penjual merupakan syarat penting untuk menjadi penjual yang memiliki daya saing yang tinggi.

Setiap munculnya peluang usaha akan menciptakan pesaing baru. Hal ini merupakan ancaman tetapi sekaligus sebagai motivator terciptanya kesadaran akan perlunya peningkatan daya saing yang bersesinambungan dari setiap penjual.

Pengalaman Bambang Suharno CEO Indonesian Entrepreneur Society (IES), motivator, redaktur berbagai media cetak dan pengarang buku “Bisnis Sambilan” menarik untuk dijadikan rujukan. Ketika penulis kesulitan mencari penerbit yang mau menerbitkan naskah bukunya, Ia dengan cermat menghitung berbagai peluang dan kemungkinan, penulis lain mungkin 10 kali, 15 kali, 25 kali bahkan mungkin lebih pengajuan naskah buku untuk diterbitkan. Ternyata itu tidak berlaku bagi Seorang Bambang “Best seller” bisnis sambilan. Cukup hanya dengan satu peluru untuk menjadi Best Seller “Bisnis Sambilan”

 

Tip Ke 6 : Saya adalah penjual Energik

ENERGIK adalah suatu sifat yang selalu menjalani kehidupan hidup dengan sepenuh tenaga. Kemampuan phisik penjual menentukan seberapa besar aktivitas penjual. Penjual sukses adalah pekerja keras. Pekerja keras harus energik.

Ibarat generator tenaga penjual adalah baterei, maka baterei ALKaLiNE merupakan pilihan.

Penjual harus mampu menjaga stamina agar tubuh tetap selalu fit .

Menyimak pengalaman pemilik hampir 30 outlet “Toys Mart” Wan Muhamad Hasyim. Ternyata kesan penulis ketika pertama kali ketemu, seseorang yang optimis dan percaya diri.

Wan, dengan semangatnya menceritakan bagaimana Ia mulai membangun bisnisnya dengan kerja keras. Tak pernah ia lupakan ketika sepulang membeli belanjaan dari Pasar Pagi bilangan Kota ke Bekasi. Kereta api jadi pilihannya untuk pulang ke rumah.

Karena banyaknya, Ia sempat bingung bagaimana caranya turun di stasiun padahal jedah waktu penghentian kereta singkat sekali. Tetapi dengan energi yang kuat ia mampu memindahkan satu persatu barang dagangan ke stasiun.

Ingat penjual sukses – pekerja keras – pekerja yang energik !!

 

Tip Ke 7 : Saya adalah penjual Tangguh

TANGGUH adalah suatu sifat yang selalu tahan terhadap berbagai cobaan, pantang menyerah, dan tahan terhadap ancaman dan rintangan.

Ketika ditolak maka makin bersemangat dan tertantang untuk dapat meyakinkan pembeli bahwa produk yang Anda tawarkan mampu menyelesaikan masalahnya.

Penjual tangguh baru akan berhenti berjuang setelah ia yakin bahwa sejatinya produk yang ditawarkan tidak pantas bagi calon pembeli.

Purna jual juga tidak kalah penting. Komplain, protes, klaim, bahkan sumpah serapah dan caci maki merupakan hal yang biasa bagi penjual tangguh.

Pengalaman manarik lainnya adalah seorang CEO PT Mega Persada Indonesia (PT MPI): Ir. Markiz Yudiawan. Bekas Karyawan Developer perusahaan asing ini, ternyata sudah empat tahun manjadi entrepreneur muda yang TANGGUH.

Mulai dari menangani proyek senilai 1 milyar sampai dengan belasan milyar.

Di dunia kontraktor protes, komplain, klaim adalah istilah yang sering terjadi. Jantung berdegup keras ketika pekerjaannya dianggap tidak sesuai dengan rencana adalah pemandangan sehari-hari, bagi seorang kontraktor. Project manager adalah palang pintu sebelum CEO PT MPI, ketika protes berulang-ulang maka palang pintu tumbang juga. Protes keras minta penyelesaian, perbaikan dan sebagainya datang juga kepada Markiz. Berbeda dengan kebanyakan CEO yang alergi terhadap protes dari project owner.

Ketika penulis datang ke kantornya di bilangan Jakarta Timur, pembicaraan sering diganggu oleh deringan telpon HP nya. Berbagai solusi proyek keluar dengan insruksi-instruksi lugas.

Terdengar protes dari proyek di Balikpapan, ya Pak besok pagi Saya sudah sampai di proyek., baik pak sampai ketemu.

Mr Call ini ternyata tangguh dalam menghadapi berbagai tekanan dari rekanannya.

 

Tip Ke 8 : Saya adalah penjual Trampil

TRAMPIL adalah penguasaan teknis tehadap pekerjaan tertentu, seperti : sopir adalah seorang yang trampil mengerai mobil, pemasar adalah seorang yang menguasai teknis pemasaran.

Ketrampilan merayu, meyakinkan, memprensentasikan, mengkomunikasikan, dan mendemonstrasikan produk kepada pembeli diperlukan dalam proses penjualan.

Seorang penjual trampil lebih direspon oleh calon pembeli karena mampu memberi gambaran menyeluruh tentang produk, baik keunggulannya maupun kelemahannya.

Sulit dibayangkan mungkinkah seorang penjual mampu meyakinkan pembeli dengan pengetahuan dan ketrampilan yang minim sekali ? Apalagi untuk menjual produk yang padat dengan teknologi, seperti komputer, telekomunikasi, elektronik, alat berat, properti, dan alat transportasi.

Ketrampilan seorang penjual salah satunya dapat dibentuk melalui pelatihan “Trainning”, magang, simulasi, dan praktek

 

Tip Ke 9 : Saya adalah penjual Sebenarnya.

Maksudnya adalah penjual sejati, profesional, dan sukses.

  1. Penjual sejati adalah seseorang yang memilih jati diri sebagai penjual saja, artinya seluruh nafas hidupnya hanya untuk menjual… menjual…menjual…

  2. Penjual Profesional adalah seseorang yang memiliki kecakapan yang memadai untuk mengerjakan pekerjaan menjual…menjual…

  3. Penjual sukses adalah seorang penjual yang berhasil memenuhi pencapaian target penjualan

 

 


16 Komentar

  1. Roudhoni mengatakan:

    Betul sekali,,,, semua manusia ialah penjual. Hal ini diperkuat dengan alasan, sejak dilahirkannya seorang manusia di dunia ini, maka marketing pun secara tidak sadar telah dilaluinya. Yakni dengan menukar air matanya ketika menangis dengan air susu dari Ibunya. Hal seperti ini ialah MARKETING yang merupakan subjek dari Penjualan.

  2. Ebit mengatakan:

    Dari ke 9 Tip yang bapak berikan diatas saya sangat terkesan sekali tapi Tip yang ke 6 ada satu kalimat yang saya kurang mengerti dan saya kurang setuju kalimatnya adalah PENJUAL SUKSES ADALAH PEKERJA KERAS karena menurut saya arti dari kalimat tersebut adalah seorang penjual yang sukses adalah seorang yang mempunyai jiwa pekerja keras bearti di Indonesia khususnya dijakarta banyak sekali penjual yang tidak mempunyai jiwa pekerja keras ??

  3. desy mengatakan:

    Untuk menjadi seorang penjual harus memiliki kiat-kiat penjual yang sukses seperti yang telah dijelaskan diatas. Saya setuju dengan pendapat diatas karena semua yang kita lakukan harus benar-benar mempunyai arti tersendiri. Ibarat kata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk mengawali semua itu perlu usaha yang gigih, tidsk pantang menyerah, berani tsntsngsn dan kerja keras.

  4. Sugati mengatakan:

    Kegagalan untuk memulai berbisnis itu memang mesti terjadi namun untuk membangkitkan semangat baru berbisnis kembali tidaklah mudah dari tip tip diatas mungkin ada seseorang yang dapat menemui jiwanya sebagai penjual misal sebagai seorang kayawan dalam menukarkan kerja kerasnya dengan menaikkan pangkat karna dengan melalui hal tersebut dapat meningkatkan taraf hidup otomatis karyawan tersebut akan berusaha keras

  5. Pri mengatakan:

    Pada Tip yang ke 9, saya adalah penjual yang sebenarnya, dalam hal ini memang sangat diperlukan penjual profesional dan juga kerja keras serta ketekunan dan ketelitian

  6. Khairil mengatakan:

    Pemasaran yang mewujudkan dasar wira usaha dapat mendirikan marketing sesuai dengan prasarana yang dapat menarik para pelanggan untuk mentargekan pasar jadi ajang pelanggan dalam pelayanan yang memuaskan keinginan kualitas para pelanggan. Karakteristek berwira usaha yang mempunyai target yang lebih baik dapat menjamin kelancaran marketing sesuai dengan sarana yang terbaru. Dalam pelayanan terhadap pelanggan mewujudkan suatu keberhasilan mengola pemasaran dalam marketing yang mempunyai kualitas pelayanan tehadap pelanggan dengan kepuasan secara sosialitas dari penjualannya.

  7. Khairil mengatakan:

    memasarkan produk yang inovatif – dalam upaya pasar memenuhi pelanggan untuk produksi terbaru dengan motiv yang terbaik. mengefakuasi produk dengan membangkitkan kualitas sarana pemasaran yang dapat diterima pelanggan.

  8. Khairil mengatakan:

    meningkatkan pemasaran yang lebih efektif- dalam kualitas prodak yang harus dikelolah sesuai pemasaran. sistem motiv yang dapat membuat pelanggan tertarik dan apa yang dapat membuat pelanggan menjadi kepuasan tertentu. prodak tersebut sangat berkualitas yang terbaik

  9. Khairil mengatakan:

    mendapatkan pemasaran yang lebih efektif- dalam kualitas prodak penjualannya sesuai pemasaran yang mempunyai kualitas dapat memperoleh vasilitas yang terbaik. sistem motiv yang dapat membuat pelanggan tertarik dan apa yang dapat membuat pelanggan menjadi kepuasan tertentu. prodak tersebut sangat berkualitas yang produktifitasnya sangat efektif.

  10. Khairil mengatakan:

    penjualan dalam pasar bebas- harapan dalam mementingkan proses bahan yang sudah terbuang, tetapi bahan tertsebut dapat menjadi bahan yang antik dikelolah dengan sedemikian bentuk yang dapat menarik para pelanggan. sehingga menjadi suatu kualitas dalam pasar mewujudkan kreativitas dalam segi bisnis tanpa modal. dan dapat memberikan suatu keberhasilan yang diharapkan pelanggan untuk menunjang usaha yang lancar.

  11. Khairil mengatakan:

    pelayanan yang inovatif-
    upaya dalam berbisnis yang lancar dapat menjadikan suatu kreativitas dalam memotivasi pemasaran produk terbaru. strategi bisnis dapat menentukan keberhasilan dalam pemasaran yang sesuai hasil memuaskan dalam berkompetisi.

  12. triena mengatakan:

    dalam melakukan kegiatan pemasaran kita selalu harus dituntut untuk selalu gigih dan ulet dalam melakukana kegiatan usaha pemasaran dan jangan cepat lelah dalam berusaha apapun yang kita upayakan dalam berusaha .dalam memasarkan produk atau usaha yang kita jalankan agar selalu membuat kenyaman an cita rasa yang selalu tetep dan enak dalam rasa tersebut agar melanggan tidak merasakan complain terhadap penjual.

  13. Khairil mengatakan:

    pelayanan yang memberikan kepuasan-
    upaya dalam berbisnis yang lancar dapat menjadikan suatu kreativitas dalam memotivasi pemasaran produk terbaru. strategi bisnis dapat menentukan keberhasilan dalam pemasaran yang sesuai hasil memuaskan dalam berkompetisi.

  14. triena mengatakan:

    penjualan produk terbaru-
    menjadi suatu sarana pemasaran yang memproduksi produk terbaru sesuai ketentuan kualitas prasarana produk. dalam upaya dengan penjualan yang terbaru produk untuk dipasarkan sesuai dengan motivasi yang ditentukan dalam pasar. kriteria produk harus mempunyai jualitas yang efektif dalam pasar.

  15. triena mengatakan:

    berkompetisi dalam berwira uasaha yang lancar-
    dengan mewujudkan kreativitas dalam berwira usaha dalam persaingan pasar mempengaruhi faktor bisnis bebas. mempertahankan bisnis dapat menjadi semangat usaha untuk mendorong kegiatan dan tuntutan dalam meningkatkan berwira usaha.

  16. triena mengatakan:

    hubungan pemasaran yang efektif-
    keberhasilan dalam meningkat hasil produk yang mempunyai kualitas dapat mempengaruhi pasar. berwira usaha yang dapat menginovatif produk memberikan hasil yang memuaskan dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tunas Nusantara Jaya

indonesia_flag.gif

Berkibarlah Selalu

Blog Stats

  • 386,935 hits

Yang Sedang Belajar

website counter

Beasiswa Wirausaha, Mau?

Yang Cepet - Dapet!!! Klik Aja

beasiswa1.png

Mei 2007
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: