Beranda » Berita Hangat » Hasil UAN 2007 dan Pebisnis

Hasil UAN 2007 dan Pebisnis

Ujian Akhir Nasional adalah isu hangat dewasa ini. Bagi peserta didik, UAN merupakan momok bagi kehidupannya. Para orang tua pun tidak kalah stres dibandingkan anaknya sendiri. Sulit dibayangkan cibiran rekan, tetangga, saudara ketika anaknya dinyatakan tidak lulus UAN.

Menampar kewibawaan Profesi Guru

Manajemen sekolah, guru dan jajarannya merasa seakan-akan dunia akan runtuh, ketika semua anak didiknya dinyatakan gagal lulus UAN. Oleh karenanya kita dengar bersama telah terjadi di berbagai pelosok negeri beberapa manajemen sekolah kompak untuk “mensukseskan UAN” dengan cara yang inovatif padahal sesungguhnya justru  menampar kewibawaan profesi guru. Seperti kasus yang terjadi di Medan, Komunitas Air Mata Guru di Medan, benar-benar menangis dan memprotes semua kebohongan dan kecurangan pelaksanaan Ujian Nasional SMP dan SMA yang justru dilakukan oleh para pendidik. Mereka menyaksikan bagaimana para sejawat membuat kunci jawaban dan memberikan kepada peserta ujian agar mereka lulus ujian nasional.

Guru adalah profesi mulia

Guru hadir ditengah-tengah masyarakat seharusnya bukan untuk membantu menjawab soal UAN bagi anak didiknya demi nama baik sekolah. Sesungguhnya Guru adalah profesi mulia dan berada pada garda terdepan dalam membentuk SDM yang berdaya saing tinggi dan mandiri. Dan Saya yakin, jauh lebih banyak guru-guru yang patut dibanggakan daripada yang bermasalah.

Di kesempatan lain, kita mendengar bahwa para petinggi Depdiknas pun tidak kalah tegangnya dengan DPR selaku wakil rakyat. Ketidak setujuan para wakil rakyat tentang UAN, direspon negatif oleh pemerintah dengan argumentasi pentingnya peningkatan kualitas lulusan bagi peningkatan daya saing bangsa.

Itulah fenomena kehidupan. Makna dari sebuah kata “Ujian”, yang sebenarnya merupakan salah satu faktor keberhasilan dari proses pembelajaran. Kemudian melebar kemana-mana.

Ujian adalah suatu upaya untuk menilai pengetahuan dan kemampuan peserta ujian. Nilai ujian pada nantinya tidak sekedar ukuran kapasitas peserta, tetapi juga sebagai evaluasi proses belajar mengajar.

Menjawab ujian bisnis

Dalam dunia bisnis, ujian adalah sebuah tantangan yang dapat mengagalkan pendapatan, keuntungan, atau bahkan membuat sebuah bisnis bangkrut. Tetapi sebaliknya ujian yang dapat dijawab dengan baik oleh pebisnis, maka bisnis tersebut menjadi ladang keuntungan, bisnispun tumbuh dan berkembang.

Semakin mampu menjawab ujian bisnis, maka pebisnis itu menjadi semakin kuat dan matang, sehingga langkah bisnis semakin menantang dan pebisnispun manjadi Super Pebisnis yang patut diperhitungkan oleh kawan maupun lawan bisnis.

Mudah-mudahan hal ini merupakan gejala positif dan pelajaran berarti demi kemajuan kita semua menuju Indonesia jaya dan mandiri.

Ayo, Indonesia Bangkit!


22 Komentar

  1. Rani mengatakan:

    pak (maaf), aku takut nih nanti kalau ujian uas aku gak lulus. aku pasti malu banget. ini semua karna ktk. [eh .. bukan uas ya. maap masih klas satu smp sih (masih lugu)]. tapi lumayan nyambung kan. banyak guru2 yang perhatian sama nilai aku. tapi juga ada guru yang cuek banget banget. udah ngajarinnya gak bener, pelajaran susah, pokoknya super duper ngebosenin deh. (jangan kasih tau guru B.indonesiaku ya,nanti aku diceramahin gara2 tulisanku hiperbol , bapak bukan guru bahasa indonesia kan ?)tapi saya bangga sama semua guru yang telah mengajari kita semua yang belum kita ketahui.

  2. Iwan Darmawansyah mengatakan:

    Nak Rani yang lucu, sekolah yang baik ya. Kita harus berani membunuh rasa malu atas sebuah kegagalan, asalkan upaya yang sudah kita lakukan sudah maksimal. Kamu harus bijaksana menilai guru. Mudah-mudahan sukses selalu

  3. Rani mengatakan:

    Thanks ya pak, bapak telah memberikan motivasi yang membuat saya percaya diri. tapi gimana ya, saya masih gak bisa ktk. saya ini sebenarnya bodoh,malas,atau memiliki potensipak. kasih saran donk pak!!!

  4. muhammad nizar mengatakan:

    pak,kenap hasil ujian nasional kok tidak ditampilkan di internet.
    kami kan penasaran pak siapa saja yang lulus.tolong pak ya tampilin dan aku minta do’a nya pak ya semoga aku lulus karna aku ingin melanjutkan pendidikkanku ke jenjang yang lebih tinggi.
    dan sekali lagi aku minta do’a nya pak ya.terimah kasih

  5. muhammad nizar mengatakan:

    pak,saya murid smp kelas 3 saya ingin minta do’a nya pak ya semoga aku lulus pak ya.karena aku ingin melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.sekali lagi aku minta do’a nya pak ya.terimah kasih.

  6. Iwan Darmawansyah mengatakan:

    Buat Rani & Muhamad Nizar,
    Kamu berdua jangan panik, karena kepanikan tidak menyelesaikan masalah. Sepanjang ada kehidupan pasti muncul berbagai masalah. Masalah tidak bisa KTK atau tidak lulus adalah hal biasa, hal yang biasa menjadi tidak luar biasa ketika kalian tidak maksimal ikut pelajaran KTK atau menjawab ujian. Malu dan kecewa menjadi satu, tetapi dunia tidak kiamat.
    Inilah kehidupan. Menurut saya lebih penting proses daripada hasil. Jika proses sudah kamu lakukan secara total hasilnya-pun sesuai dengan harapan. Jika, hasilnya tidak sesuai harapan, percayalah itulah yang terbaik buat kalian. Yang maha kuasa selalu memberikan yang terbaik buat umatnya. Mudah-mudahan apa yang kalian harapkan dapat terkabul!

  7. septian mengatakan:

    Pak saya septian kelas 3 SMU. Alhamdulillah saya lulus dengan yaa lumayan bagus hasilnya. Tapi ko kenapa yah pa saya ko ngerasa kurang puas. jumlah 3 mata pelajaran saya 25 koma sekian, nah yang saya rasa saya ga akan mampu mendapat nilai segitu. Memang selama hampir setahun kemarin saya belajar mati – matian untuk mendapatkan kelulusan dan nilai yang baik..tapi ko sekarang semuanya udah terwujud saya malah biasa – biasa saja.
    saya sudah masuk PMDK di IPB, saya tetap ragu pak. Apa saya, seorang septian benar – benar pantas lulus dengan nilai yang baik dan masuk seleksi PMDK ke IPB itu ??? mungkin untuk sebagian orang masuk PMDK ke IPB bukan hal yang luar biasa, tapi saya sangat bersyukur sekali pa.

  8. putra mengatakan:

    knapa hasil uan smp lom kluar or diumumin klau udah websitenya paan

  9. Iwan Darmawansyah mengatakan:

    Kepada Sdr. Septian
    Selamat sukses, kamu sudah lulus dengan nilai baik. Ketidakpuasa adalah manusiawi, asal sesaat saja. IPB adalah perguruan tinggi terkenal dan favorit khusus di bidang pertanian. Kamu pantas bersyukur mendapatkannya dan jangan sia-siakan kesempatan kerena kesempatan baik tidak akan datang untuk kedua kalinya. Mudah-mudahan kamu dapat membawa bangsa Indonesia maju dan mandiri.

  10. muhammad nizar mengatakan:

    makasih pak ya atas komentar dan pendapatnya.moga pak iwan tambah sukses.

  11. feri indayani mengatakan:

    kenapa hasil ujian kali ini tidak ditampilkan lewat internet bu/pak,kan kita semua pengen tau pa kita semua lulus pa tidak?kami merasa kecewa karena hasil ujian siswa smp tidak dimunculkan lewat internet?trus sekarang kita harus gimana pak soalnya hati kita nggak tenang tunggu hasil ujian yang nggak keluar-keluar?tolong diblz secepatnya.

  12. Deni Triwardana mengatakan:

    Saya kira isyunya Ujian Nasional menjadi lahan bisnis…
    Saya juga menulis tentang hasil Ujian Nasional Lho…
    http://deni3wardana.wordpress.com/2007/06/17/hasil-un-yang-membingungkan/

  13. Ekky Rega Prabowo mengatakan:

    Asslamuallikum.Wr.Wb
    selamat pagi atau siang bapak & ibu saya ingin menanyakan apakah TINGKAT ke tidak lulu2san tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin ???? yaudah gitu aza
    wassalamualaikum.Wr.Wb

  14. cessy mengatakan:

    knp hsil uan tdk d keluarkan d suatu website??
    memang byk d brbagai mdia massa yg mbritahu bhwa ntuk mengetahuinya dpt dbka situs http://psb-smpdki.org. tp ktika saia bka yg muncul hanya tntang penerimaan siswa baru dri sekolah dasar mnju smp.

  15. Dicky mengatakan:

    Knp sih nilai ujian nasional ga ditampilin hasilnya kalo di tampilin WEBSITEnya appa>

  16. the23wind mengatakan:

    hhhmmm, sistem pendidikan indonesia udah kacau balau, kacian kan para anak didik…!terombang-ambing dalam sistem yg gak jelas en kurikulum yang gak pernah konsisten.

  17. Danie mengatakan:

    sing penting aku wissss lulus,bijine apik meneh

  18. eko mengatakan:

    dimana bisa lihat situs yang mengupas daftar nama2 siswa yang lulus?

  19. ahmad lukman mahfud mengatakan:

    Assalaualaikum Wr Wb
    Sebagai guru di Sekolah Indonesia Makkah tentunya berusaha semaksimal mungkin tentang penunjukan pada anak murid kami, Kita berusaha, Alloh SWT lah segalanya, dan kemampuhan anak juga begitu adanya, Satu tahun sebelum kami adakan extra bimbingan mata pelajaran pokok. Ya hasilnya!!!!!!.
    Mudah-mudahan aja di tahun kedepan lebih meningkat dalam segalanya.
    terimakasih.
    Wassalamualaikum Wr Wb.

  20. azis mengatakan:

    ini beneran apa akal-akalan ?
    hari gini masih ada yang gratisss, subahannallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tunas Nusantara Jaya

indonesia_flag.gif

Berkibarlah Selalu

Blog Stats

  • 386,935 hits

Yang Sedang Belajar

website counter

Beasiswa Wirausaha, Mau?

Yang Cepet - Dapet!!! Klik Aja

beasiswa1.png

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
%d blogger menyukai ini: