Beranda » Buku : Kiat Penjualan sukses » Bab 9 : Kiat Ke 8. Saya Sedang Bergembira

Bab 9 : Kiat Ke 8. Saya Sedang Bergembira

Suasana batin seseorang biasanya mempengaruhi pysikologis dirinya sendiri. Ketika seseorang sedang tertimpa musibah maka Ia sedih dan terpukul jiwanya. Sikap dan keputusan yang dibuatnya cenderung tidak objektif.

Mengambil keputusan dalam suasana sedih, marah, atau stres sangat beresiko.. Karena cenderung diliputi suasana batin yang emosional.

Penjual perlu mewujudkan suasana keceriaan, dengan memperhatikan penampilan lahir batin. Proses penjualan yang ditutup dengan transakasi penjualan merupakan harapan dan sekaligus menjadi suka cita bagi penjual.

Ungkapan bijak menjadi renungan kita

Ketika seseorang sedang mengalami gundah gulana, kesedihan, dan kemarahan disarankan untuk menunda pengambilan sebuah keputusan strategis.

Bagi seorang pelanggan, suasana keceriaan harus selalu dibangun oleh penjual. Penjual yang memiliki jiwa yang ceria cenderung dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.

 

Proses penjualan mulai dari penetapan pasar sasaran (target market) sampai proses negosiasi dapat dianggap sukses, jika serangkaian proses penjualan ditutup dengan transkasi.

Orientasi proses bukan hasil

Urusan penjual adalah proses seoptimal mungkin bukan hasil, seperti disebutkan dibawah ini:

  1. Produk yang optimal, yaitu produk yang kualitas dan bermanfaat buat penggunanya.

  2. Harga yang optimal, yaitu harga yang lebih murah daripada pesaing

  3. Promosi yang optimal, yaitu keberadaan produk dapat dengan cepat dan tepat dikomunikasikan oleh pembeli

  4. Distribusi yang optimal, yaitu distribusi atas produk yang luas dan lancar yang meliputi sekurang-kurangnya pasar sasaran

Karena hasil merupakan hak dari Allah Yang Maha Kuasa, kewajiban PENJUAL berkerja sebaik dan semaksimal mungkin serta tidak lupa berdoa. Bagi Penjual Sukses, Usaha dan Doa adalah suatu keharusan. Untuk dapat meraih kesuksesan, penjual harus berupaya keras untuk dapat meraih daun-daun pintu dan memohon kepada pemilik sejati kesuksesan agar mau membuka pintu kesuksesan bagi Anda.

Kesuksesan hanya bagi Penjual “pekerja keras-cerdas”, bukan kepada penjual “pemimpi keras”.

Walaupun kepuasan pelanggan tidak dapat diukur begitu saja dengan dengan melihat ekspresi pembeli. Tetapi sekurang-kurangnya fenomena ekspresi seorang pembeli dapat menumbuhkan optimisme bagi bagi penjual untuk terus melakukan peningkatan kinerjanya.

Sembilan Tip menjawab kiat ke 8

Berikut ini ada 9 Tip bagaimana mengukur transaksi kepuasan pelanggan dilihat dari ekspresi kegembiraan pembeli :

Tip Ke 64 : Saya gembira, jika Pembeli Tersenyum.

Ekspresi tersenyum seringkali diinterpretasikan sebagai ungkapan kebahagiaan seseorang. Penjual selalu berusaha melakukan berbagai cara dan upaya “penjualan’ agar dapat manarik perhatian pembeli.

Kejadian “transaksi” yang dapat membuat pembeli tersenyum merupakan pertanda baik. Yaitu keberhasilan mengubah sebuah penawaran menjadi transaksi jual-beli.

Tip Ke 65 : Saya gembira, jika Pembeli Tertawa.

Acara Akademi Pelawak Indonesia (API) di TPI banyak diminati pemirsa. Seiring itu rating acara tersebut meningkat tajam dan ternyata mampu mengembosi acara sejenis yaitu Akademi Fantasi Indonesia.

Gelak tawa canda peserta API mampu mempesona pemirsa. Pelawak yang semula hanya menghadirkan kelucuan fisik sudah bergeser menjadi kelucuan yang dipicu oleh dialog.

Dengan tertawa dapat menurunkan ketegangan saraf akibat stress. Gelak tawa seseorang merupakan ekspresi spontan setelah dipicu oleh sesuatu yang menimbulkan kelucuan.

Dalam konteks penjualan, tertawanya seorang pembeli merupakan pertanda baik. Pembeli tertawa karena merasakan yakin bahwa produk yang dibelinya adalah produk yang luar biasa dan murah harganya.

Tip Ke 66 : Saya gembira, jika pembeli Tersanjung.

Bagaimana pemenuhan kebutuhan pembeli merupakan syarat penting bagaimana mewujudkan transaksi. Salah satu motif seseorang melakukan pembelian adalah sejauhmana produk yang dibeli dapat meningkatkan status sosial.

Peningkatan status seseorang atas penggunaan produk merupakan harapan pembeli. Walaupun untuk mendapatkan produk tersebut memerlukan pengorbanan yang besar.

Dalam aktivitas penjualan, pengorbanan besar “oleh banyak orang” untuk membeli produk yang ditawarkan penjual ternyata lebih kecil daripada nilai “sebuah pujian” orang kepada dirinya.

Seorang yang membeli lukisan di lelang pusat kota, akan “tersanjung” dan bangga jika ia mampu menjadi pemenang lelang dengan harga tertinggi.

Tip Ke 67 : Saya gembira, jika pembeli Terangkat.

Artinya pembeli merasa status sosialnya terangkat ketika menggunakan produk yang dibelinya

Tip Ke 68 : Saya gembira, jika pembeli Termasyur.

Kemasyuran merupakan impian banyak orang. Seseorang merasa terkenal karena memiliki mobil seri terbaru dan edisi terbatas (limited edition). Mobil ini hanya diproduksi 5 unit di dunia, dan salah satunya mobil milik saya, kata seseorang.

Tip Ke 69 : Saya gembira, jika pembeli Terbantu.

Artinya pembeli merasa masalahnya bisa dipecahkan dengan menggunakan produk yang dibelinya. Contoh : Ia membeli payung ketika hujan. Ia membeli dengan penuh kegembiraan karena ia terbebas dari kehujanan.

Terbayang olehnya

Tip Ke 70 : Saya gembira, jika pembeli Terpenuhi.

Kebutuhan pembeli merupakan Pembeli yang harus dipenuhi Artinya pembeli merasa kebutuhannya terpenuhi setelah mengkonsumsi-kan produk yang dibelinya

Tip Ke 71 : Saya gembira, jika pembeli Tepukau.

Artinya pembeli merasa kagum dengan produk yang dibelinya. Contoh : membeli TV mobil

Tip Ke 72 : Saya gembira, jika pembeli Terpuaskan.

Siapapun pembelinya selalu menginginkan kepuasan. Hasrat untuk mengkonsumsi/ menggunakan/mengendarai/memakai merupakan motif seorang pembeli.

Ada berbagai aspek kepuasan bagi seorang pembeli, yaitu : harga murah, kualitas poduk, mudah didapat, dan pelayanan prima.

 

Transaksi bukan akhir aktivitas pemasaran

Hakekatnya Transaksi Penjualan adalah bukan akhir dari proses penjualan itu sendiri, tetapi merupakan awal membangun loyalitas pelanggan.

Pada dasarnya Transaksi Penjualan yang sejati adalah sebuah proses yang mampu membuat nyaman pembeli-penjualnya. Artinya proses penjualan dilaksanakan secara fair, legal, etis dan saling menguntungkan kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual.

 


4 Komentar

  1. Roudhoni mengatakan:

    Sangat tepat dikatakan bila hasil dari presentasi kita ialah Pending (karena bagi saya tidak ada kata tidak) dan kemudian kita memberikan mimik wajah yang terkesan baik serta meminta pendapat calon customer kita tersebut dengan bijaksana agar kita dapat membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan calon customer kita.
    Dan dapat disampaikan pula kepada calon customer kita, karena penjualan bukanlah tujuan utama kita. Tujuan utama kita ialah memperoleh mitra yang baik demi terjalinnya kerja sama diantaranya.

  2. desy mengatakan:

    Dalam melakukan kegiatan jual beli pasti ada rasa senang, sedih dan gembira. jika ada penolakan penjual siap dengan semua itu karena itu merupakan awal dari kesuksesan. penjual merasa senang apa bila bisa menawarkan produk yang berkualitas, harga yang bisa dijangkau, promosinya diterima oleh pembeli dan waktu tepat sasaran.

  3. Ebit mengatakan:

    Memang penjual mempunyai rasa tersendiri apabila seorang pembeli merasa senang dan merasa puas dengan barang yang mereka beli dari kita.karena kepuasan konsumen adalah kepuasan tersendiri bagi para penjual.

  4. Indra K. Elfarisy mengatakan:

    saya jadi teringat guru ngaji saya di cianjur. ya kadang kita bekerja pengennya cepet-cepet dapat hasil yang memuaskan. dan ternyata hal itu akan mengganggu konsentrasi kita untk membuat proses yang bagus. seorang anak smu, saat ujian pengennya langsung dapat nilai yang bagus sementara ia tidak belajar dengan baik, maka (lho kok ngelantur; gak nyambu ya?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tunas Nusantara Jaya

indonesia_flag.gif

Berkibarlah Selalu

Blog Stats

  • 386,935 hits

Yang Sedang Belajar

website counter

Beasiswa Wirausaha, Mau?

Yang Cepet - Dapet!!! Klik Aja

beasiswa1.png

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: