Beranda » 8. Religius

8. Religius

Spiritual Bisnis: Pebisnis “Aji Mumpung”dan Penanganan Bencana Semburan Lumpur “Lapindo” Porong Sidoarjo

Ditulis oleh Iwan Darmawansyah di/pada Juni 30th, 2007

eristiwa merupakan fakta yang tak terbantahkan. Setiap peristiwa selalu membawa dua pesan yang bertolak belakang satu dengan yang lain. Peristiwa dapat membuat sebagian atau seluruhnya berbahagia, tetapi sebaliknya dapat membuat duka dan kesedihan.Setiap orang walau seakan tidak perduli dengan peristiwa yang tidak terkait secara langsung dengan kepentingan dirinya. Tetapi sedikit banyak terusik untuk mengomentari atas kejadian berbagai peristiwa. Seperti peristiwa musibah lemburan lumpur “lapindo” Porong Sidoarjo. Pada awalnya sebagian masyarakat Jakarta dan kota lainnya mengetahui berita tersebut dari liputan berita media jurnalistik. Pada mulanya biasa saja, tetapi ketika semburan itu terus menerus keluar dan menggenangi area tanah, sawah, ladang, dan rumah warga, maka mereka menjadi terusik dan heboh. Komentar pedaspun terdengar bersautan di pelosok negeri nun jauh dari Porong. Intinya mereka  tidak rela saudaranya menjadi sengsara dan mendesak pertanggungjawaban pihak pengelola perusahaan lapindo. Selanjutnya musibah lokal cepat melebar menjadi isu nasional yang membutuhkan uluran tangan penguasa Nasional.

Peristiwa semburan lumpur yang mengakibatkan sebagian besar masyarakat khususnya pemilik tanah sekitar menjadi kehilangan rumah tempat tinggal, lahan produktif, pabrik dan sebagainya. Kesengsaraan warga ternyata juga membawa nikmat sebagian masyarakat lain, yaitu perusahaan katering, perusahaan konsultan, tenaga ahli asing dan lokal dan sebagainya.

Perguruan tinggipun tidak mau ketinggalan, tim ahli ITB sudah berusaha melalui metoda bola beton. “Metoda bola beton ini bertujuan untuk mengurangi debit semburan lumpur, sehingga memperkecil volume semburan lumpur tersebut”.

Selanjutnya …..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: